Gusdur menyesatkan kita ke jalan yang benar

welgedewelbeh

Pernyataan gusdur bahwa aliran al-qiyadah al-Islamiyah itu tidak sesat akan tetapi salah …. merupakan pernyataan yang menyesatkan . …… tapi ….. eit tunggu dulu, menurut mulut …. apa yang keluar dari mulut gusdur tersebut 100% menyesatkan kita ke jalan yang benar. Lho kok bisa begitu ?

Satu, sebutan sesat pada orang lain itu adalah sebutan yang sangat subyektif, tergantung dari pihak mana yang mengeluarkan. Andapun bisa saja dianggap orang lain sesat ……… tentu saja dari sudut pandang mereka. Sayangnya banyak orang kita yang menganggap penilaian subyektif macam ini adalah satu-satunya kebenaran. Mungkin karena kita terlalu terbiasa dan nyaman untuk dianggap benar oleh orang lain, dan merasa paling benar sendiri. Jarang diantara kita yang punya kebiasaan untuk berkata bahwa yang benar itu benar dan yang salah itu salah ….. tanpa memandang siapa yang berbicara ……. kita terlalu terbiasa berpikir subyektif.

Dua, secara hakikat, mengatakan orang lain tersesat itu adalah kesombongan luar biasa pada sang Pencipta. Belum tentu lho orang yang dikatakan banyak orang sebagai tersesat ….. dia itu betul-betul tersesat di mata Allah. Bisa jadi, orang yang kita katakan tersesat itu …. menjadi begitu karena begitu bersemangatnya untuk menjadi hamba Allah yang baik, akan tetapi pemahaman dia atas perintah dan larangan Allah menjadikannya berperilaku demikian. Mungkin saja perbuatan itu konyol bagi kita akan tetapi niat tulusnya dan semangatnya untuk menjadi hamba Allah yang terbaik itu diganjar oleh Allah sebagai pahala yang luar biasa besar. Wallahu a’lam kan ?


Tiga, sikap suka menyesatkan orang orang lain itu sebenarnya merugikan diri sendiri. Membuat kita semakin bodoh, takabur dan tidak open mind. Di dalam sejarah berkali-kali terbukti bahwa menyesatkan suatu golongan itu sering dipakai oleh pihak tertentu untuk kepentingan politis dirinya dan kelompoknya. Kisah pertumpahan darah sesama kaum muslim di pemerintahan khalifah Umar, Usman, Ali maupun khalifah-khalifah setelahnya merupakan contoh terburuk akibat suka menyesatkan pihak lain. Terbukti kan …….. orang bisa menjadi begitu mudah dibodohi oleh elite politik ……. dengan mengangkat isu penyesatan kelompok lain untuk mencapai tujuannya. Karena isu kelompok sesat ini memang populis dan gampang menyulut perhatian warga. Untuk kasus di indonesia saat ini ….. kepikir nggak siapa yang diuntungkan dengan dimunculkannya isu ini.

Empat, mengatakan orang lain tersesat itu guampaaaang sekali, tinggal buka mulut …. sudah dilakukan deh :). Yang susah adalah bagaimana menjalin komunikasi dengan mereka, mencoba saling memahami dengan kepala dingin, saling introspeksi kesalahan dan kekurangan masing-masing, saling nasehat-menasehati dalam hal kebenaran dengan kesabaran seperti diperintahkan Allah dalam QS: 103 Ayat : 3.

watawashou.jpg

Tidak mudah untuk menjadi muslim kan ?

Jadi usulan Gusdur untuk tidak menyebut mereka sebagai “sesat” tapi lebih memilih memakai kata “salah” adalah usulan tidak menyesatkan tapi dianggap banyak orang sebagai pernyataan yang justru menyesatkan. Padahal, pilihan kata tersebut , menurut mulut sangatlah tepat sesuai dengan semangat ayat di atas. Lagian secara kultural, bangsa kita akan lebih merasa sakit hati kalau dikatakan tersesat dari pada dikatakan salah. Orang yang sakit hati lebih sukar untuk menerima kebenaran dan diberitahu …….. jadi pertanyaannya kemudian adalah: apa tujuan anda menyesatkan orang lain?, mau menyadarkan mereka atau mencari musuh ?, ……. perlu anda teliti lagi …… jangan-jangan kita ini hanyalah menuruti nafsu dan kesombongan belaka.

Terima kasih Gus dur, telah menyesatkan kita ke jalan yang benar.

Iklan

65 Komentar

  1. Hem… gitu toh alasan di balik peristiwa ini. *manggut manggut*

    Jika memang benar demikian berarti tidak salah lagi gus dur memang bijak.

  2. gus dur is the best 😆

  3. GUS DUR ditanggap….!
    1. Saya Dulu Punya GURU. GURU saya Berguru diPadepokan UNIVERSITAS AL AZHAR MESIR.
    2. Guru Saya ini KAKA KELASnya GUSDUR waktu GUS DUR belajar di AL AZHAR.
    3. Jadi GURU saya tau BENAR tentang GUS DUR
    4. GUS DUR terlalu Ditanggap…
    5. Sudah Di GUSUR aja. kan jalannya di GU SUR
    6. Punten GUS,

  4. kelebihan gusdur ya dimulutnya ??? yang lain kayaknya gak ada deh…


    welgedewelbeh
    walah …… sudah kadung benci ya ….. ketahuan deh

  5. beu… menyesatkan ke jalan yang benar ? mana ada ? Merusak untuk membangun ??? sekalilagi DHASYAT !! wkakakakak

  6. Mulut itu bisa harum bisa juga bau busuk bagaimana cara merawatnya aja. Sebelum orang bil sesat atau salah atau melenceng atau apa ajalah terserah mulu yang ngeluarin……cari bukti dulu sebanyak2nya,pelajari,bikin analisa baru dibunyiin tuh mulut. tapi jangan sampe yang salah jadi bener, yang bener disalahin.

  7. Memang mulut suka membolak-mbalik lidah…

  8. lha, gus dur kan sekuler///

  9. welgedewelbeh

    4 rozarumaisho
    Mulut gak ngerti maksud komen ini, tidak to the point dan mbulet-mbulet

    4 Andromeda
    Hanya gara-gara dia sekuler …. apa kita mau menutup diri dari kebenaran yang keluar dari mulutnya ….. lagian menuduh dia sekuler ato nggak ….. apa sudah pd itu valid?

  10. dalam BLOG ini saya Menulis

    He…He..
    Saya SIH Tidak Benci GUS DUR. tapi BENCI itu KELAKUANYA…

    Dulu waku GUS DUR jadi PRESIDEN GUS dur kan di suruh mun DUR. tuh
    ” GUS..MUNDUR aja..”

    Eh GUS DUR Malah BILANG….
    “Boro-boro MUNDUR,,Jalan aja saya DIGUSUR..”.

    Ini FAKTA sodara-sodara….he..

    Sekali Lagi Jika Menemukan PENDEKAR TAPAK SUCI BUDHA tolong Laporkan…
    KABUR tuh..orang..diajak untuk bertanggung jawab atas tulisannya malah kabur

  11. dalam BLOG ini saya Menulis

    He…He..
    Saya SIH Tidak Benci GUS DUR. tapi BENCI itu KELAKUANYA…

    Dulu waktu GUS DUR jadi PRESIDEN GUS dur kan di suruh mun DUR. tuh
    ” GUS..MUNDUR aja..”

    Eh GUS DUR Malah BILANG….
    “Boro-boro MUNDUR,,Jalan aja saya DIGUSUR..”.

    Ini FAKTA sodara-sodara….he..

    Sekali Lagi Jika Menemukan PENDEKAR TAPAK SUCI BUDHA tolong Laporkan…
    KABUR tuh..orang..diajak untuk bertanggung jawab atas tulisannya malah kabur

  12. gusdur .. nggak benci orangnya .. nggak benci partainya
    gusdur = lebih baik dijadikan bapak bangsa ( ga usah involve di pemerintahan – cukup jadi pengamat sekaligus pemberi balans dan pertimbangan ) Setuju !!

    Kapan ngopi bareng di Lygon st ? besok gw mau ke Lygon makan ying thai. coz paginya mudik 2 bulan !!!

  13. welgedewelbeh

    4 RETORIKA

    kapan2 ya … biar lebih lama dan gayeng ngopinya, kan nanti balik lagi to…,slam buat orang2 Indonesia di tanah air ya…, jangan lupa bawa oleh2 dari sana.

  14. gus dur,…masih rame juga yah dijadikan bahan omongan,…hmm, saat orang2 muli lupa, ada aja pernyataan dari beliau yang memancing orang2 mengingatnya kembali, mungkin karena memang beliau tidak pernah kehabisan kesempatan (atau akal…) untuk menarik minat orang2,..apakah hanya sebatas keinginan untuk sensasi atau memang ada hikmahnya yah? Tuh kan saya juga akhirnya ikutan ngomongin dia lagi,..ah jadi ingat lagih deh ama yang namanya gus dur,…

  15. Siapa takut sama GUS DUR……..?

    (mulut : yang ini di-copy paste sebanyak 15 X)

    SUNGGUH TERLALU………………

  16. Benarkah GUSDUR PENDEKAR BERMATA SATU……………………….

    (mulut : tulisan di atas juga diflood sebanyak 146 X oleh Salaman AlJazuli)

    siapa mau beradu….

  17. Mas mulut….ban aja tuh yang flood,orang lagi asik2 baca eh dia nge flood

  18. Iyaa golongan dianggap sesat itu karena berada di komunitas yang banyak. Jadi golongan muslim yang “anu” merasa besar dan merasa bebas bicara sesat karena merasa di Indonesia dengan mayoritas. Coba deh di negeri yang mulsimnya sedikit, apakah berani menyesatkan mayoritas?????

    Tapi hebatnya Gusdur, dalam masalah ini, beliau tetap konsisten: dimanapun, di mayor atau hidup di minor, jangan gampang mengobral kalimat “sesat”! Gimana menurut MUL??

  19. sebelumnya..bisa tolong dijelaskan, apa itu ‘sesat’, apa itu ‘salah’.
    apa itu ‘sekuler’ dan apa itu ‘sekulerisme’ ?
    mohon untuk tidak kopas dari Miriam-Webster Online atau oxfard [bukan oxford] dictionary
    saya ingin tahu dari sudut pandang mulut.. ^_^
    jadi saya bisa tahu jalan berpikir anda.

    salam hormat

    ipungmbuh SH

  20. welgedewelbeh

    4 Kurtubi

    Tapi hebatnya Gusdur, dalam masalah ini, beliau tetap konsisten: dimanapun, di mayor atau hidup di minor, jangan gampang mengobral kalimat “sesat”! Gimana menurut MUL??

    (*menghindar-hindar*) eit jangan ajak-ajak mulut untuk menghebat-hebatkan gusdur ya … he he he, kapan-kapan kalo ada yang nggak bener …. gusdur juga akan mulut kritik. Be proportional aja lah. Anyway … dalam hal ini gusdur bener dan konsisten.

    4 ipungmbuh
    Betul-betul mbuh deh pung, mulut ngggak ngerti blas …. kok ipungmbuh mau tau jalan berpikir mulut (emangnya buat apa sih). Any way … lam kenal,
    Soal pemahaman mulut terhadap istilah sesat dan salah, sudah mulut jelaskan dari segi dampaknya dan pemahaman komunal masyarakat kita akan dua istilah itu. Sedangkan soal sekulerisme dan sekuler … kalo dijelaskan di sini … jadi kayak kuliah aja ntar … he he he.

    btw … apa maksudmu dengan :

    oxfard [bukan oxford] dictionary

    kalau punya kamus oxfard … ntar mulut pinjam ya …….. he he he

  21. mau tau tanggapan orang2 ttg gusdur silahkan buka link di bawah :
    DetikForum > Politik & Peristiwa > Politik > Tokoh
    di thread : The Power of Gus Dur Jilid 2
    http://forum.detik.com/showthread.php?t=5212

    salam kenal to mulut

  22. om…….om mulut….on the rood aja tuh yang weilgedewelbeh

  23. Gus DUR…itu MAKHLUK MAS….

  24. Gus Dur….???btw why the respon to him always outstanding issue? absolutly he is great people

  25. Kelihatan sekali anda ini habis MABUK ya! samapai sampai mana yang sesat dan yang benar anda jadikan kabur! klo gt anda sama gus dur impas dong! sama-sama tidak bisa melihat (mana yang sesat dan mana yang bukan!) And aq yakin anda ini orang diluar islam alias KAFIR or klo tidak dr kalangan sesat seperti syi’ah, islamlib dll! pada poin 2 sy mau tanya bagaimana caranya Allah memfonis sesat kepada seorang manusia ?!

  26. welgedewelbeh

    4 ansori
    salam kenal balik
    4 diky Demoz 90 PMB
    bukan weilgedewelbeh tetapi welgedewelbeh
    4 salman aljazuli
    semua orang tahu gus dur itu makluk mas…
    4 ling
    yes you absolutely right, Gus Dur is great man
    4 AlKautsar
    maaf mulut muslim jadi tidak mungkin mabuk, karena haram minum alkohol dll yang bisa bikin mabuk, kecuali kalau anda jahat sama mulut dan bikin mulut mabuk yang berarti, bikin mulut melanggar apa yang diperintahkan Alloh dan menjauhi larangan Alloh. Hayooo, jangan2 anda yang sedang mabuk buktinya nulis aja sampai salah ketik he..he… 🙂 guyon ON 🙂 , akal sehat mulut insya alloh selalu ON

  27. klo mulut lg mabuk biasanya tidak sadar klo dirinya sdng mabuk example anda tuh contohnya, tahu tdk klo musailamah al kadzab si nabi palsu itu di hkm bunuh oleh khalifah abu bakar RA, jadi anda and gusdur sm2 cs dgn mereka ya!

  28. welgedewelbeh
    4 Al Kautsar
    Halah …… orang diajak bergurau malah memfitnah. (idem dengan komen mulut di posting yang lain) mulut terlalu khusnudzon terhadap saudara …..

    Hati-hati kawan …..
    “janganlah ketidak sukaanmu terhadap suatu kaum membuatmu berlaku tidak adil kepadanya”. ….. hati-hati dengan nyala benci yang kelihatannya telah ada di dadamu, itu bisa membutakan mata hatimu dari kebenaran dan kasih sayang dan itu bisa membuatmu lebih hina dan rendah dari orang yang kau benci.

    Semoga kebaikan selalu atasmu … maaf hanya do’a ini saja yang bisa mulut berikan untukmu. (haah … nggak tahu lagi harus bagaimana untuk orang seperti Al-Kautsar ini). Mohon maaf jika kata-kata mulut ini tak berkenan dihatimu

  29. bos, prtnyaan and sanggahan q kmrn seluruhnya blm kau jawab? APA BUKTINYA KLO ENTE tdk CS dngn musailamah, ahmad musadek n grmbolan nabi palsu lainnya! kmntrnya kelihatan skli klo memihak mereka termasuk gusdur yang u patuhi itu! he2x, brlgak sufi lag stress aja ente! klo ngbntah jngan pelit kata, fokus ke permasalahan! ayo di jwb dulu pertanyaan yang mudah baru nanti q beri pertanyaan yang lain lagi! kemukaaan argumen yg berlandaskan sumber hukum islam!

  30. welgedewelbeh

    4 Al Kautsar
    Sekali lagi minta maaf, jika apa yang mulut lakukan tidak berkenan di hati saudara, dan maaf juga karena mulut tidak akan memberikan bukti apapun terhadap saudara, kalau menurut saudara mulut seperti itu ya terserah saudara, yang jelas, memang mulut masih jauh dari segala kesempurnaan, dan sedang berusaha keras menuju kesempurnaan. Semoga saja Alloh memberikan segala jalan dan kemudahan kepada mulut untuk bisa menjadi hambaNya yang diridloi.

  31. Kalo blm kenal sama Gusdur dan ilmunya msh cethek ndk usah ngomentari apa yg dikatakan GusDur..ndk nyucuk..dengarkan aja dan bukti kebenaranya liat nnti bulan depan ato tahun depan…

  32. mulut, you are damn ‘smart’ !

  33. MULUTMU SEINDAH HATIMU….

  34. Masih menunggu datangnya kebenaran…

  35. Kesesatan Gus Dur ;
    – Mengatakan Al-Quran kitab paling porno didunia
    – Mendukung zionis Israel
    – Menghalalkan ANJINOMOTO
    – Menghalalkan SDSB
    – Menolak RUU Anti Pornografi dan Pornoaksi
    – Pengikutnya pernah menghalalkan darah Amien Rais dan Akbar Tanjung serta warga Muhammadiyah (Gus Dur tidak melarang dan mengecam pendukungnya sendiri yang nyata2 menggunakan ilmu kebal yang hukumnya musyrik)
    -sebagai ketua PBNU turut mendukung pemberlakuan asas tunggal Pancasila dizaman orde baru
    – Banyak memfitnah dan menuduh tanpa bukti (asal ngomong)

  36. GUSDUR DARAHNYA HALAL
    YAHUDI TANDA2 DAJJAL ADA PADA DIRI BAJINGAN ITU
    SIAPA YANG MAU MASUK SURGA SIAP2 BUNUH GUSDUR

  37. NGAKU2 WALI YA BENAR DIA WALI .. WALINYA IBLIS
    GAK PANTES DISEBUT KYAI
    SEPAK TERJANGNYA SEPERTI ANTI ISLAM
    MANUSIA LAKNAT
    KASIAN KAKEKNYA HASYIM ASHARI SEORANG WALI ALLAH
    PUNYA KETURUNAN SEPERTI ITU

  38. Klo dah cinta buta sama gus dur, tai nya pun di makan kaya makan bubur ayam, buat para Gus Duris, ………….. Gus Dur itu manusia jangan disanjung kayak malaikat, never Wrong, Goblok Banget sih kalian, Kenthir Kabeh

  39. Coba mas yang menyanjung mencin-tai Gus dur jelasin apa sih yang bikin anda seperti itu, ga usah munafik soalan konsisten. Kita sama-sama tau kalau dia konsisten, ga akan diturunin dari jabatan presiden waktu dulu. Hati-hati mas kita ini sesama muslim, punya akal dan pikiran, dosa saya sudah banyak mas kalau saya ikut Gusdur saya temasuk dapat pahala atau dosa, termasuk anda???? (saya betul-betul minta saranya dari para pencinta Gusdur). Terimakasih. dan jangan pake kata terserah anda.

  40. manusia lahir tidak membawa agama. kenapa setelah dewasa bertengkar soal agama? repot gak?

  41. oh ya lupa, kenalin dulu, iin blog gua

  42. si DUR itu ibarat benalu dalam tubuh islam.
    pemikiran-pemikirannya yang selalu bersebrangan dengan islam bikin eneg pengen nonjok aja tuh mukanya.ngakunya sih kyai. cuih.

  43. kenapa sih Mr. GD udah tua ko yang keluar dari mulutnya itu busuk, apa giginya dah pada bolong-bolong ya ? hehe..
    mbo ya makin tua makin bijaksana… udah lah jangan ngurusin negara atau politik lagi, udah lewat jamannya Mr. GD. Dulu waktu jadi presiden aja ga becus, mecla- mencle, beraninya ngomong di luar negeri, pelesiran keluar negeri segala, tobat aja lah dah tua malu ma cucu. Buat para GDris, otak kalian emank dah di cuci ya ko ga mikirrrrr gitu loh emank bagusnya apa sih Mr. GD itu ? dah buat hidup kalian sejahtera apah ? boro2 sejahtera yang ada pengangguran, pengemis, gelandangan tambah banyak.
    Mr. GD itu manusia biasa, ga ada yang istimewa, bukan dewa, bukan nabi, tapi kenapa banyak yang mengagungkannya melebihi Tuhan mereka sendiri ? aneh… wis pada keblinger kabeh …

  44. ni tempatnya pengikut gusdur ya….
    gak seru terkesan membela diri, jadi intinya ahmadiyah bubar atau enggak, kok di tv kesannya gusdur ngebela ahmadiyah.
    permaslahan pokok disini, jangan memperpnjangn kata2 sesat – salah, kyanya gak penting.
    bubar atau gak itu yang penting……

    Takbir
    Allohu Akbar…….

  45. Saya orang hindu, mau nanya kok orang islam banyak yang fanatik, kayaknya hanya dia aja yang disayangi Tuhan, namanya satu lagi gak ada yang lain allah tok. memangnya orang selain islam bukan ciptaan allah? Kok tahu orang lain sesat kayak sudah jadi tuhan aja? malah tuhannya perlu di bela lagi, dan berperang terus dengan setan dan iblis. Emangnya iblis itu siapa sih kok kayaknya tuhan takut sama iblis? bukannya iblis itu juga ciptaan tuhan jadi ga mungkin menang lawan tuhan, lagi pula iblis ga pernah melawan tuhan, justru ia menurut karena dia diciptakan memang dengan sifat begitu/ Hormat pada gusdur orang ialam paling berani.

  46. kawan jangan sok intelek gitu lah,. demi Alloh saya muak kepada orang seperti GusDur dan para pemujanya.
    Demi Alloh saya terus bedoa demi kehancuran kalian. Demi Alloh kalian telah tersesat, dan Alloh sesatkan kalian sehingga kalian merasa dalam jalanNya. Demi Alloh orang2 seperti kalian akan saya hentikan, karena kalian telah menyebarkan kemungkaran, dan sekuat2 usaha adalah dengan tangan.

    ingatkah kalian akan firman Alloh, sabda Rosul, dan penjelasan Salafushaleh,,,…
    Kalian sungguh sangat keterlaluan.

    AllohuAkbar…
    Wahai ikhwah ku yang di Indonesia, tidak usah jauh2 perang ke afghan atau palestin, telah Alloh sediakan medan jihad ini. wahai ikhwah ku, sungguh mereka lebih kejam daripada Zionis.karena mereka berusahan untuk merusak Islam.

    Allohu Akbar…………Allohi Akbar…………Allohi Akbar

    wahai para ulama, kami siap menerima seruan untuk berperang dengan kaum ini
    wahai ikhwahQ….

    Khoibar—-khoibar—khoibar ya Yahuuuuud !!!

  47. Bismillah,
    Al-‘Ashr (1-3)
    1. Demi masa
    2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian.
    3. Kecuali orang-orang yang beriman dan beramal shalih dan saling berpesan dengan
    kebenaran dan saling berpesan dengan kesabaran.

    ‘Dari Abu Hurairah radliallahu ‘anhu, katanya : Rasulullah shallaluhu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam bersabda : “Janganlah kamu saling mendengki, melakukan najasy (menaikan harga barang untuk menipu pembeli -ed), janganlah kamu saling membenci, jangan pula saling membelakangi, dan janganlah sebagian kamu menjual atas jualan saudaranya, dan jadilah kamu sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara. Seorang Muslim itu adalah saudara bagi Muslim lainnya. (Sehingga) tidak boleh dia menzalimi saudaranya, menghinanya, mendustakannya dan meremehkannya. Takwa itu disini-sambil menunjuk kedadanya tiga kali- Cukuplah seseorang itu dikatakan jahat kalau dia meremehkan saudaranya sesama Muslim. Setiap Muslim atas Muslim lainnya, Haram (terjaga) darahnya, hartanya dan kehormatannya” (HR. Muslim)

  48. Bukan karena merasa benar lalu menyalahkan. Bukan karena dinilai salah lalu disalahkan. Bukan pula karena lebih banyak yang bilang benar lalu dibenarkan atau bukan karena minoritas kemudian dianggap yang selalu salah. Dan sungguh bukan oleh kelompok, benar dan salah itu dibuat. Maka diingatlah bahwa nilai adalah nilai. Kebenaran dan kesalahan hanyalah symbol dari dua nilai yang bersebrangan. Kebenaran hakiki hanya pada-Nya yang tahu, maka pelajarilah tanda-tanda kebenran agar bisa lebih dekat dengan yang hakiki itu. Sesungguhnya kebenaran dan keadilan sangat dekat keberadaanya. (KataGue)

    Lihatlah apa yang dikatakan dan bukan siapa yang mengatakan (Al Hadist)

    Sampaikanlah dengan santun apa yang telah menjadi kebenaran dan bukan dengan emosi atau sekehandak hati.

  49. Gus Dur itu manusia, juga guru ,juga politikus, juga kyai,jadi memahami seorang Gus Dur
    tidak cukup dari satu sisis saja. ketika beliau berbicara mestinya kita melihat beliau sedang berperan sebagai apa ? Saya temasuk orang yang menunggu-nunggu stetmen beliau,
    biasanya apa yang beliau sampaikan akan terjadi kemudian.Wallahu ak’lam

  50. Gus Dur nggak usah ngotot jadi presidenlah, lebih cocok jadi Gubernur Jawa Timur…

  51. ternyata benar ya…. klo mulut itu anteknya GUSDUR
    pantasan mulutnya juga kayak GUSDUR…
    ceplos sana ceplos sini…
    weleh…weleh….

  52. Mari kita baca saduran dari bukunya al-Maghfurlah KH. Achmad Siddiq (alm) ini:

    —–
    Karakteristik as-Sunnah wal Jamaah adalah karakteristik Islam. Ada tiga kata istilah yang diambil dari al-Qur’an dalam menggambarkan karakteristik agama Islam. Yaitu :
    1. At-Tawassuth / Pertengahan (QS. al-Baqarah : 143)
    2. Al-I’tidal / Tegak lurus (QS. al-Maidah : 9)
    3. At-Tawazun / Keseimbangan (QS. al-Hadid : 25)
    At-Tawassuth (termasuk al-I’tidal dan at-Tawazun), bukanlah serba kompromistis dengan mencampur adukkan semua unsur (sinkretisma). Juga bukan mengucilkan diri dari menolak pertemuan dengan unsur apa-apa. Karakter at-Tawassuth bagi Islam adalah memang sejak semula Allah Swt. sudah meletakkan didalam Islam segala kebaikan, dan segala kebaikan itu pasti terdapat diantara ujung Tatharruf, sifat mengujung, ekstrimisma. Prinsip dan karakter at-Tawassuth yang sudah menjadi karakter Islam ini harus diterapkan dalam segala bidang, supaya Agama Islam dan sikap serta tingkah laku Umat Islam selalu menjadi saksi dan pengukur kebenaran bagi semua sikap dan tingkah laku manusia umumnya.

    Beberapa hal dikemukakan, sebagai pembuktian termanifestasikannya prinsip at-Tawassuth itu:
    1. Pada bidang Aqidah. Keseimbangan antara penggunaan dalil aqli dengan dalil naqli, dengna pengertian bahwa dalil aqli dipergunakan dan ditempatkan dibawah dalill naqli. Berusaha sekuat tenaga memurnikan aqidah dari segala campuran aqidah dari luar Islam. Tidak tergesa menjatuhkan vonis musyrik, kufur dan sebagainya atas mereka yang karena satu dan lain hal belum dapat memurnikan tauhid/aqidahnya, semurni-murninya.
    2. Pada bidang Syari’ah. Selalu berpegang teguh pada al-Qur’an dan as-Sunnah, dengan menggunakan metode dan sistem yang dapat dipertanggungjawabkan dan lewat jalur-jalur yang wajar. Pada masalah yang sudah ada dalil nash yang sharih dan qath’i(tegas dan pasti), tidak boleh ada campur tangan pendapat akal. Pada masalah yang dhanniyat (tidak tegas dan pasti), dapat ditoleransi adanya perbedaan pendapat selama masih tidak bertentangan dengan prinsip agama.
    3. Pada bidang Tashawwuf. Tidak mencegah, bahkan menganjurkan usaha memperdalam penghayatan ajaran Islam. Mencegah ekstrimisma dan sikap berlebih-lebihan (al-Ghuluwwu) yang dapat menjerumuskan orang kepada penyelewengan aqidah dan syari’ah. Berpedoman bahwa akhlaq yang luhur selalu berada diantara dua ujung sikap yang mengujung (tatharruf) misal:
    – Syaja’ah (berani) adalah diantara jubn (penakut) dan sembrono (at-Tahawwur)
    – Tawadhu’ adalah diantara Takabbur dan Tadzallul (rendah diri)
    – Jud atau karom (dermawan) adalah diantara bukhl (kikir) dan israf (boros).
    7. Pada bidang dakwah. Berdakwah adalah mengajak masyarakat untuk berbuat menciptakan keadaan yang lebih baik, terutama menurut ukuran Ajaran Agama. Tidak mungkin orang berhasil mengajak seseorang dengan cara yang tidak mengenakkan hati yang diajak. Berdakwah bukan menghukum.
    —–

    Dari nukilan diatas, mari sama-sama bercermin. Semoga mendapat hidayahNya.

  53. memperkosa untuk menyelamatkan, gimana klo diperkosa 🙂 sudut pandang saya menyelamatkan ga’ memperkosa loh…

  54. eh lupa, situ ga berjenis kelamin yah,. wah bingung jadi memperkosanya…

  55. Bismillahirrahmanirrahim

    sebagian manusia berkata mereka beriman padahal mereka tidak beriman

    beriman sebagian, ingkar sebagian itulah sebenar-benar kekafiran

    IMAN ORANG MUNAFIK HANYA SAMPAI DI MULUT

  56. ASTAGHFIRULLAHAL’ADZIM

    mulut yg bnr2 mulut yg tdk dpt menyampaikan kebenaran, mulut yg seharusnya tdk membuat provokasi dgn membuat statemen yg pd akhirnya menimbulkan pro & kontra sesama muslim.
    mulut yg seharusnya dijaga dari hal2 yg dpt membuat perpecahan umat, klo berbicara pakailah mulutmu yg sesungguhnya, jgn pake tulisan di blog yg mewakilkan mulutmu, jgn sampe ada org yg tdk sesuai dgn (katanya) mulutmu trs dia bertanya & yg (katanya) mulutmu tdk dpt menjawabnya.

  57. Hanya orang BODOH yang mengidolakan “ulama” yang selalu menyerukan persatuan agama-agama yang jelas berbeda.

  58. Bos…makanya baca Qur’an yang bener, masa masih ngebela sibuta dari gua hantu….
    kan ciri@ orang murtad munafiq de el el ada dlam alqur’an jangan so tahu…lah

  59. Sya tidak menjelekan dan menghujat gusdur karena ia cucu Hasyim Azhari,, tapi tolong pada pengikut Gusdur intropeksi diri deh,, jangan hanya di obok-obok oleh kalimat Pluralisme,,,,

  60. itulah hebatnya Gus Dur
    semua orang dibuat saling bingung bahkan stelah beliau wafat…
    whatever i love Gus Dur…
    You’re the legend

  61. Salam kata SESAT itu hanya bahasa manusia, sebenarnya saja semua orang TETAP didalam Allah, hidup dimuka bumi yang relatif amat kecil dibanding ruang alam semesta. Serang ruang alam semesta itu PASTI ada didalam Allah Yang Maha Besar. Kalu tidak maka Allah sesembahan kita itu tidak Maha Besar, karena masih diwadahi ruang alam semesta. Bagaimana to ini ? Sevebarnya kalau orang benar-benar TAHU arti Allahu akbar, ya sudaah. : ” Kita semua ada didalamNya dan mau apa lagi. mBok ya pada RUKUN memelihara lingkungan masyarakat dan lingkungan hidup, supaya NYAMAN semuanya, bukan amak-amukan dan sengkreng-sengkrengan. Dasar semuanya saja sudah pada GILAA> Fitnah muncul dimana-mana s. al An’aam Q.S. 23. Ya pikir sendirlah. Awak sndiri ini termasuk RANG GILA atau bukan ? MERDEKAAAA.

  62. Salam. Sebenarnya orang yang terburu-nafsu mengatakan al Quran itu akal-akalannya Nabi Muhammad s.a.w. itu , karena belum tuntas mengkaji dan menadalami al Quran. Coba dalami yang sedalam dalamnya maka orang akan tahu bahwa benar-benar isinya adalah DATA BASE bagi kehidupan manusia yang berakhlaq mulia. dan al Quran sendiri adalah BACAAN MULIA Q.S. 56: 77. dan penyembuh penyakit bathin, akal-budhi , mental spiritual yang sedang kacau-balau-ruwet dan bingung. lALU MALAH DISESATKAN setan q.s. 43: 37 TETAPI JUSTRU MERASA SUDAH MENDAPAT PETUNJUK YANG BENAR. dASAR MEMANG MAU MENJADI BUDAKNYA Nsetan lALU MENJADI AGEN-AGEN SETAN YANG SEJAK AWAL BERSUMPAH MAU menesatkan UMAT MANUSIA q.s. 15: 39. yA SU-DAAAG.

  63. sALAM. jIKA BENAR AL qURAN ITU AKALA-AKALANNYA nBI mUHAMMAD S.A.W. MAKA BENAR JUGA KARENA ” mANUIA TIDAK BERKEHENDAK APA-APA KECUALI DIKEHENDAKI aLLAH. mANUSIA TIDAK BIKIN ALAT-APAPA KECUALI KARENA aLLAH. aLLAH MENCIPTAKAN MANUSIA DAN APA YANG DIBUATNYA. Q.S. 37: 96. dan Q.S.76: 30. Lha wong yang bikin setan ya Allah sendiri. Lalu mau bilang apa lagi. Ya biar saja semua berkembang menurut rencana Allah. Tetapi kalau Allah MAHA KUDUS maka keramaian dunia ini tidak mengotori Allah, karena DIA tetap Maha Kudus… dulu sekarang dan yang akan datang selama-lamanya. Yang nggak karu-karuab dan berlepotan dengan segala macam urusan itu kan kita sendiri manusia bodoh dan bengis ini. Lhooo bagaimana to ini. Ya suuu-daaaaag MERDEKA.

  64. Salam. Apa sja yang diomongkan ORANG boleh boleh saja. Tangan Allah tidak membungkam mulut orang yang lancang mulut, dan tidak menahan tangan tukang copet yang sedang mencopet, Tidak merapan pulpen orang yang sedang main KOROPSI dengan tanda tangannya. Aaaaaakh, dasar manusia banyak omong dan tak pernah benar kecuali BOHONG dan tak beriman alias KAFIIIR fi’lan bil fi’lii Q.S. 2: 99, 100, 101. Apalagi orang Arab jaman Nabi. Q.S. 9: 97 , 101. Nabi tidak tahu hal itu tetapi Allah mengetahui. Lhoo bagaimana tidak bohong semuanya ini? Siapa mau mengakkan kebohongan manusia? Manusia tidak pernah mengatakan YANG BENAR tentang Tuhannya. Yaaa bagaimana ini?

  65. Hasil pemikiran Gus Dur yang betul betul konkrit , adalah syahnya goyangan Inul Daratista (yang jadi acuan penyanyi dangdut sekarang yang semakin berani buka buka”an )


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s