Agenda Id Bloggers: Utilisasi Need of affiliation bangsa Indonesia

Welgedewelbeh

Motive adalah sebuah dorongan yang membuat kita melakukan sesuatu. Ia bisa menjelaskan pada kita mengapa seseorang condong melakukan suatu hal, membicarakan suatu topik, ataupun membuat keputusan tertentu. dalam bahasa sehari-hari, motive kadang disamaartikan dengan kebutuhan (need). Motive selalu ditemukan dibalik semua tindakan, ucapan ataupun perilaku yang dilakukan baik oleh individu ataupun sekelompok manusia. Yang disebut terakhir itu untuk gampangnya kita sebut saja sebagi motive kolektif.

Kalo anda mencermati dengan seksama kebiasaan bangsa kita yang doyan banget ngobrol, kumpul-kumpul, anjang sana, nongkrong bareng, maka mulut mengajukan suatu hipotesis bahwa motive bangsa kita ini didominasi oleh need of affiliation (n-aff).

Sebagai sumber penggerak perilaku manusia dalam menjalani hidupnya, McLelland membagi motive ini kedalam beberapa jenis yaitu :

a. Need of Power (n-pow)

b. Need of Affiliation dan (n-aff)
c. Need of Achievement (n-ach)

Orang-orang yang suka dianggap hebat, bisa mempengaruhi banyak orang atau diangkat sebagai pemimpin merupakan contoh-contoh dari orang yang memiliki motive jenis pertama. Orang-orang yang sukanya kumpul-kumpul, sms sana-sini sampe nggak mikir pulsa, chatting, kasih komen sana-sini di berbagai blog atau suka ikutan berbagai perkumpulan adalah orang-orang yang cenderung memiliki n-aff tinggi. Sedangkan orang-orang yang selalu ingin menjadi nomor satu, juara kelas, trend setter, ingin kaya, ingin mencapai suatu target tertentu dalam hidupnya adalah orang-orang yang n-ach nya tinggi. Tentu saja seorang individu atau kelompok memiliki ketiga-tiga need ini akan tetapi pasti ada salah satu yang paling menonjol.

Bagi mulut, orang Indonesia yang punya berjuta-juta organisasi, paguyuban, perkumpulan, arisan, doyan sms-an, merasa berbudaya gotong-royong, mempunyai slogan makan nggak makan asalkan ngumpul, serta suka kangen untuk kumpul bersama teman-teman dan kerabatnya, jelas meruapakan orang yang ciri-ciri n-aff nya sangat kental. Makanya nnggak heran kalau bisnis berbasi n-aff ini terus meroket dan laris manis. Contohnya arisan, telepon selluler, chatting, blogging de el el menjadi trend yang populer di Indonesia.

Secara umum, orang barat yang mendewakan individualitas memiliki n-pow yang lebih tinggi dari n-aff nya. Itulah sebabnya sejak abad ke 17 bangsa-bangsa Eropa melanglang buana untuk menaklukkan bangsa-bangsa lain dan menjajah mereka. Sampai saat ini pun mereka selalu berusaha mendominasi keputusan-keputusan dunia melalui berbagai aksinya, termasuk mengontrol perdagangan dan politik dunia, dominasi pasar, serta dominasi ideologi. Bangsa timur kebanyakan berciri n-aff tinggi. Jepang terkenal dengan comunal society-nya, memiliki ciri manajemen perusahaan yang sngat berbeda dengan gaya manajemen barat yang individu-centris. Menurut McLelland, para pengusaha adalah mereka-mereka yang n-ach nya tinggi. Orang bisa saja sukses kalau mampu memanfaatkan need apapun yang mereka miliki secara optimal.

Pertanyaannya adalah, apakah bangsa kita telah memanfaatkan n-aff tinggi nya itu dengan baik?.

Kalo melihat fenomena yang ada sih, kayaknya masih belum. Buktinya, yang banyak mendapat manfaat besar dari n-aff kita yang tinggi itu kebanyakan bukan bangsa kita sendiri; Indosat serta beberapa operator selluler misalnya, malah banyak dikuasai asing.

Demam blogging yang menjadi trend saat ini, bagi mulut adalah salah satu pintu masuk untuk mengoptimalkan n-aff tinggi yang dimiliki bangsa kita. Kegemaran bangsa kita untuk saling ngobrol di blog, saling berbagi, dan saling belajar hendaknya bisa kita pakai untuk mencerdaskan bangsa Indonesia. Saling mendidik dan berdiskusi untuk membangun manusia-manusia Indonesia yang bermutu, berwawasan luas dan sadar akan pentingnya mulai memikirkan masa depan bangsa ini.

Mulut yakin, dengan seleksi alam, dunia bloggerIndonesia akan berisi artikel-artikel cerdas dan mencerdaskan. Mengikis mental-mental yang merugikan dan buruk, memberantas manusia-manusia yang tidak open minded, serta semakin mempertebal kesadaran dan tekad kita untuk membangun bangsa yang besar.

Ayo rek, semua blogger indonesia, kita proklamasikan niat ini bareng-bareng. Membangun masyarakat, dan bangsa Indonesia sehingga bisa bangkit dari kebodohan, kebuntuan pikiran, close minded, rasa minder sebagai bangsa dan menatap masa depan yang gilang gemilang.

Iklan

15 Komentar

  1. klo gini baru setuju. ayo sapa lagi… 1000 3 1000 3 ??? :mrgreen:

  2. Kalo ini gw juga setuju banget ….. ayo para blogger kita BISA

  3. Kok pada males baca yang ginian ya …. senengnya cuman isu heboh πŸ™‚

  4. Gabung dengan Gerakan Peta Konsep Anak Bangsa (http://pkab.wordpress.com), aku sampai jam 01.45 AM baru tidur semalam mengerjakan brosurnya. Aku mau upload dengan fasilitas BoxNet yang menempel di WP.

    salam,
    suryadi
    Aku Paham dan Bisa!
    http://pkab.wordpress.com

  5. KUNJUNGI_KUNJUNGI…….www.jadal.wordpress.com

  6. ikut lah saya lah..

  7. Yupe… jadi semangat lagi
    benar sudah saatnya, closed minded ke laut aja… kita butuh orang2 yang terbuka tapi bukan buka2 pakaian… πŸ™‚ dengan kterbukaan fikir niscaya rasa tanggugn jawab dan tanggung sosial akan terasa nggregete… πŸ™‚

  8. Apakah karena n-aff bangsa ini tinggi, makanya kita sulit sekali mencari pemimpin yang kuat dan orang2 yang juara?? .. sehingga kita lebih permisif terhadap hal2 dari luar walaupun kita terjajah dan kita juga masih lega walaupun cuma juara haparan. Hmm .. tulisan yang bagus.

  9. Nganu… ada yang repot di negara ini.

    Memendam diri dalam buku, serius seserius-serius nya, jadi jenius, endingnya kesepian, nggak ada yang mudeng apa yang diomongin.

    Kejar achievement tinggi, kerja se-perfect mungkin, se-excellent mungkin, tunjukin dignity, becoming example, eh, endingnya orang-orang nggak suka. Katanya superman in the team should go out! Karena katanya me-loyokan semangat yang lain.

    Lha piye jal?

    Ya udah, satu-satunya biar hidup tetap lancar yang ber-affiliasi. Nggak ada pilihan bok! Nggak ada pilihan*.

    *kalimat ini tidak begitu relevan

  10. welgedewelbeh

    4 erander

    n-aff tinggi ga harus loyo dong…, malah kalau kita bisa memanfaatkannya dengan baik kita bisa menjadi bangsa yang luar biasa, yang penting anak muda dan segenap rakyat indonesia jangan putus asa, selalu optimis, bangun diri, insya alloh ga lama kita akan menjadi bangsa yang besar dan luar biasa…., semangat ya !!!!

    4 nuragus
    mulut ngerti apa yang anda rasakan, berkali-kali mulut juga mempunyai pengalaman yang sama, tetapi jangan putus asa, kalau kita tahu, bahwa apa yang kita lakukan adalah benar dan memang yang seharusnya dilakukan so ya tetep dong dilakukan, kalau toh harus berkompromi asal tetap pada koridor dan cara yang baik serta tidak bertentangan dengan asas2 kebaikan, kebenaran, keadilan universal, don’t worry…., jalan terus, pantang mundur, sikap2 yang kurang baik itu lama2 juga akan nggak laku, ilang dan tidak berbekas lagi kok…., demi masa depan yang baik ok bro…. tetep semangat !!! maju terus pantang mundur, he…he…mundur ok untuk mengatur strategi…he..he πŸ™‚

  11. lha itu, ada perasaan tidak nyaman ketika merasa “yang kita lakukan adalah benar”. Kebenaran universal memang ada. Tapi untuk men-judge diri sendiri “saya melakukan hal yang benar kok” itu sulit. Yang lebih masuk akal ya “At least yang saya lakukan nggak bertentangan dengan kebenaran universal”.

  12. welgedewelbeh
    4 nuragus
    Melakukan sesuatu kok ragu ….. mestinya kan yakin. Tapi sebelum yakin harus mikir dulu … tahu dan mengilmui apa yang akan dilakukan, kemudian bersikap terbuka dan tidak menutup diri dari kritik. Mungkin saja yang kita yakini benar itu ternyata ada yang lebih benar lagi ….. he he he, lalu tiidak malu atau takut untuk berubah ke arah yang lebiih baik. Kayaknya Itu saja deh satu-satunya usaha logis yang bisa dilakukan kita sebagai manusia. OK

  13. Ah! mungkin harusnya begitu ya. Saya sedang dalam kondisi tidak “yakin benar” atas apa yang saya lakukan. Mungkin saya mulai terjebak dalam relung pikiran ketidakpastian.

    Hehehe… mencoba jadi lebih real dikit.

  14. this is very good info from this blog

    thanks

    MRJHN FRANCOIS
    http://penulisbatusangkar.blogspot.com/

  15. sudah lama tak berkunjung,………
    i am sure,we can do it………..orang yang berhasil adalah orang yang yakin bahwa dirinya akan berhasil.


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s