Mewaspadai penyesatan oleh WordPress

Saudara-saudara para id bloggers di seluruh penjuru dunia, kali ini mulut mau mengingatkan diri sendiri dan anda semua agar awas dan waspada terhadap WordPress.com. Lho ada apa dengan WordPress.com ? mau tahu jawabannya …. baca lidah api mulut berikut ini :

Pernah nggak anda merenungkan bagaimana kebiasaan anda dalam membaca artikel-artikel dari berbagai blog?, apa yang mendasari keputusan anda untuk membaca suatu posting atau tidak?, Apakah kita cenderung mengklik posting-posting urutan teratas yang dipampang di BOTD?, apakah kita secara reguler mengecek adakah posting baru dari blog yang menurut kita bermutu dari list blogroll kita?, ataukah kita membaca posting yang direkomendasikan oleh kawan kita sebagai postingan bermutu? atau yang lain-lain?.

Pernah (secara kritis) bertanya nggak apa special formula yang dipake oleh WorPress.com dalam menentukan the most popular blog of the day. Yang oleh wordpress sendiri dikatakan :

The most popular WordPress.com posts are ranked here according to a special formula.

Kalau anda adalah orang yang cenderung (hanya) membaca posting yang ‘direkomendasikan’ oleh WorPress.com dalam halaman BOTD nya maka mulut mengajak anda untuk berintrospeksi. Menyadari bahaya perilaku demikian bagi diri anda sendiri. Bahayanya apa sih ? …. sabar dulu ya …. 🙂


WorPress.com dibuat untuk suatu kepentingan, paling jujur kepentingannya adalah bisnis. Tidak dapat dipungkiri bahwa bisnis sudah sepanjang sejarah berselingkuh dengan kepentingan yang lain seperti kekuasaan, politik atau bahkan ideologi tertentu demi kepentingan bisnis itu sendiri. Dari sudut pandang yang lain, media blog adalah aktualisasi dari ide citizen journalistic yang memungkinkan siapa saja untuk mengemukakan gagasan apa saja kepada publik. Nah bisnis jurnalistik ini juga bukan pengecualian dari pelaku perselingkuhan yang kami maksud di atas.

Makanya anda biasa mendapati (kalau mau kritis membaca) koran-koran atau berita di TV yang cenderung membela suatu kelompok elite politik atau rezim tertentu dalam penyajian beritanya. Berita-berita yang tidak sesuai kepentingannya disortir, atau diberitakan dalam porsi kecil, atau bahkan dipelintir sehingga kepentingannya tidak dirugikan. Tentu saja tendensi ini dipengaruhi secara kuat oleh kepentingan bisnis pers tersebut kepada selingkuhannya tadi. Banyaknya pembaca atau audience sebuah media masa merupakan ukuran seberapa luas pengaruh media massa itu dalam menggiring opini publik, mengarahkan pola pikir dan lain sebagainya.

Tapi WordPress.com kan bebas ?, nggak ada sortir-sortiran dan nggak ada larangan. Kan mulut sendiri sudah bilang kalau di WordPress.com orang bisa nulis apa saja dan menjadi siapa saja di blogosphere ini?. Ya …. itu semua benar, tapi ….. eit tunggu dulu. Kalaupun semua postingan tidak disortir, tapi apakah yang masuk top posts atau top blogs juga tidak disortir?. Tentu saja disortir, dengan special formula lagi. Apalagi mulut belum pernah menemukan fasilitas blog search engine disediakan oleh WordPress.com. nah di sinilah sentral tulisan ini mencoba untuk bertausiah pada kita semua.

Blogging, yang sudah menjadi candu ini pun demikian, dengan ratusan ribu pembacanya tentu sangat strategis untuk diseminasi gagasan, melontaran ide-ide dan penyebaran ideologi tertentu. Yang pada akhirnya adalah membentuk kecenderungan umum dan motive suatu masyarakat. Dengan mengarahkan pembaca blog untuk membaca artikel-artikel tertentu, WordPress.com bisa saja akhirnya meng-engineer pola pikir bangsa kita. Misalkan …. mengarahkan pada hal-hal yang bombastis dan sensasional (menjadikan orang kita menjadi suka pada kehebohan dan mudah ditarik perhatiannya dengan cara itu), mengarahkan pada posting yang saling sesat menyesatkan (membuat kita terpecah belah dan semakin bodoh tidak mau diskusi dengan open mind), mengarahkan pada urusan yang remeh temeh (menjadikan bangsa kita tetap kerdil), mengarahkan pada yang cengeng-cengeng (membuat bangsa kita jadi mudah minta dikasihani dan minder dihadapan bangsa lain) atau yang lain-lain.

Tentu saja dugaan yang dilontarkan mulut tentang special formula ala WordPress.com tersebut bisa benar pun bisa salah. Akan tetapi mulut sering mendapati banyak blog-blog bagus diluar sana yang tidak pernah nongol sekalipun di BOTD. Intinya adalah himbauan untuk bersikap kritis kepada siapa saja, apa saja termasuk diri sendiri.

Bersikap kritis bukan berarti selalu menentang, bersikap kritis adalah sikap menguji kebenaran sesuatu dengan mempertanyakan berbagai hal, misalnya : ada nggak kepentingan tertentu dari orang yang bikin tulisan ini?, benar nggak yang dia katakan secara logika?, dalam mkonteks apakah tulisan itu dibuat?, de el el. Kemudian secara jujur mengakui kalau itu benar sebagai kebenaran dan kalau salah sebagai salah. Itu baru namanya bersikap kritis.

Jadi bagi yang belum menyadari hal ini, berterima kasihlah pada mulut karena telah membuka mata anda (bercanda). Bagi yang sudah ya …. sukur deh. Satu lagi renungan dari mulut yang hina ini : berapa banyak sih waktu yang kita punyai setiap hari?, berapa banyak yang kita gunakan untuk ngeblog? sudahkah waktu itu telah kita gunakan secara bijaksana? sudahkah kita secara sadar memilih posting apa yang kita baca di blogosphere ini? atau jangan-jangan kita masih gampang diarahkan oleh orang yang punya maksud nggak baik?.

Jadi sekali lagi mulut himbau para id bloggers di seluruh persada bumi :

  1. Gunakan waktu anda secara bijaksana, hidup ini terlampau singkat, waktu anda amatlah berharga
  2. Pilih dan baca posting yang bisa memperbanyak ilmu anda, meningkatkan bidang profesi anda, dan membuat anda menjadi lebih manusia.
  3. Buka cakrawala bahwa jagat blogosphere tidak hanya di BOTD, gunakan search engine untuk cari blog yang bisa menambah nilai diri anda sebagai manusia.
  4. Terakhir mengutip bang napi :

Waspadalah, Waspadalah !!!!

*) kalo posting ini tidak jadi pertamax berarti kena sensor oleh WordPress.com ….. wak ka kak kak ka ka

Iklan

32 Komentar

  1. dear mulut,

    thanks sudah visit di http://pkab.wordpress.com Gerakan Peta Konsep Anak Bangsa. thanks juga untuk peringatannya untuk masalah ranking BOTD. Yang penting kita bisa postingkan ide kita di web dan biarlah orang lain yang akan menilai apakah tulisan itu menarik atau tidak, sehingga tidak perlu dipromosikan via BOTD permainannya WP.

    salam perjuangan,
    suryadi
    Aku Paham dan Bisa!
    http://pkab.wordpress.com

  2. benar sekali, kalau mulut bicara… …. saya membayangkan mulut itu bicara depan saya, hingga mucrat ke sana-kemari saking semangatnya (becanda)

    BTW saya tidak pernah pakei BOTD.. yaa karena ilmuku baru tahu sekarang apa itu botd… 🙂 tq sudah mengingatkan…

  3. welgedewelbeh
    4 Kurt
    BOTD itu blog of the day halaman dimana WordPress.com menyusun 100 blog atau posting berdasarkan special formula nya dia sendiri. URL : http://botd.wordpress.com/top-posts/?lang=id
    BTW salam kenal dari mulut

  4. blog search engine disediakan oleh WordPress?
    coba buka wpfind.com :mrgreen:

  5. kelimax 🙂 …. pencerahan nih ceritanya :p

  6. Hahaha… bener nih, klo BOTD isinya daptar orang2 yg ga ngerti? atao yg niatnya ngerusak nilai2 agama, berlagak atheis (ato emang ga punya agama?), cari sensasi, OOT dll. cuekin aja. keliatan koq maksud ‘n tujuannya apa hahaha..
    btw, thanks dah post kayak begini.

  7. Kemarin blog ku masuk BOTD tuh. Ngga ngerti juga kok bisa masuk? btw thanks infonya! 😀

  8. cuman mo ngasih tahu search engine wordpress, silahkan krlik wpfind.com

  9. BOTD itu memang muncul karena sering di klik koq.
    coba aja anda sering tebar blog anda.
    ketika orang2 sudah mengetahuinya, dan tulisannya bagus so membuat orang tertarik sering mengunjunginya, pasti akan masuk BOTD.

    Salah satu pilihan aku menggunakan blogroll, aku menggunakannya untuk blog yang menurut aku itu bagus.

  10. Memang saya juga penasaran, bagaimana formula spesialnya si WP. Soalnya yang top-top belum tentu yg komennya terbanyak atau yg kliknya yg terbanyak. Kalau berdasarkan kualitas, memang benar, banyak postingan yang sangat berkualitas tapi tidak masuk BOTD. Lagian kalau menilai dari segi kualitas mungkin WP rada repot ya, harus mbaca satu persatu, huehehehe…. Tapi yg jelas formula spesialnya WP memang masih misterius bagi saya….

    Btw, salam kenal juga dan thx telah mampir di blogku. 🙂

  11. Sesatnya dimana sih mas? gak ngerti … apanya yang menyesatkan.

    -Ade-

  12. Suudzon atau paranoid?
    Lebih baik berpikir positif saja.

    Salam.

  13. WP itu ada orang Indonesia-nya ya?
    Ada yang tahu siapa orangnya?

  14. Kutipan bang napinya itu lho, bikin ngakak 😆

  15. nggak semua blog yang masuk BOTD sesat atau sensasi semata kale … blog2 mapan dengan visitor diatas 100 ribu biasanya masuk botd krn disamping memiliki postingan KW 1 blog tersebut memiliki jumlah langganan yang lumayan banyak…

  16. mulut berbusa. betul-betullah!

  17. Kalau WordPress dilihat berdasarkan Trafik, berarti Google, Yahoo!, Dogpile, dan lain – lain sama bahaya dan sama sesatnya dengan WordPress. 😆

    Menurut saya, jangan terlalu berpatok pada BOTD, kunjungilah blog – blog lain, yang memiliki hubungan dengan anda, teman misalnya. Ataupun Blog – blog yang sudah memiliki domain. Mereka enggak pernah masuk BOTD, kan ? *Dihajar karena OOT*

  18. Btw, kalau ada rencana jahat seperti itu, ngapain masuk kedalam teritori Indonesia ? Saya kira artikel di WordPress Internasional jauh lebih ‘gawat’ daripada disini. Harusnya urus yang di sana dulu, dong. 😀

    Soalnya saya tidak pernah dengar ada kru Automattic yang berkebangsaan Indonesia. 😀

  19. Jadi selama ini saya tersesat . hue hue *baru nyadar

  20. Welgedewelbeh

    4 Ade ( sayapku )
    Mas lagi…, mas lagi, cape d…, kan mulut sudah sering bilang mulut hanya mulut, tanpa jenis. Emang kalau baca tulisan mulut apa terindikasi CO to ? wak pelecean ni pada identitas mulut yang tak berjenis kelamin ha…ha…
    BTW, saya tidak mengatakan WP menyesatkan, hanya mengajak qta semua untuk waspada,
    BTW lagi thank sudah mampir, kapan2 mampir lagi ya….,

    4 Emanuel Setio Dewo
    Berpikir positif harus, …., waspada juga perlu,…lam kenal

    4 RETORIKA
    muji diri sendiri ni ye… wa ka ka… good luck de buat lu..

    4 sungai
    Mulut berbuasa si sudah biasa, kalau sungai berbusa itu bahaya, ha…ha…
    salam kenal ya.. ha…ha (masih ngakak gak bisa berhenti mbayangin sungai berbusa terkontaminasi busanya mulut)

    4 Mihael “D.B.” Ellinsworth
    waspadalah waspadalah !!!!! (sekali lagi mengutip bang napi) 😀 salam kenal

    4 Bachtiar
    Termasuk tersesat ke blog ini ha…ha… salam kenal ya… jangan kapok2 tersesat kesini

  21. @ Mulut

    Sampeyan kok tau sih … :mrgreen:

    kagak lah…

  22. mungkin ada satu persepsi dari saya,..blog,..saat ini memang sudah memiliki fungsi yang semakin kompleks, termasuk saat ini adalah untuk menyampaikan berbagai informasi untuk para pengguna internet, sehingga itu tadi, blog menjadi sangat penting untuk dibaca orang, ngejar rating lah, botd itu lah,…tapi maaf, mungkin hanya saya, saya masih tetap memegang fungsi dasar dari blog,…hanya sebagai tempat ekspresi diri sendiri di dunia wwwwww ini, tidak utama berharap banyak pihak yang membaca ataupun mengomentari, tidak penting tidak ada yang membaca, blog bukan koran, bukan iklan, bukan radio, tv dll,..hanya sebuah buku harian tanpa kunci..

  23. hosting sendiri saja. gitu aja kok repot 😛

  24. setujuh…..namanya juga gratisan he he

  25. Setujen, bagus banget kalo diketauhi oleh banyak blogger wordpress.
    Gooooo Blog !

  26. bagus buat peringatan bagi kita, aku suka itu
    Gooooooo Blog

  27. Terlepas dari semua yang disebutkan, apa salahnya kita belajar dari sesuatu yang salah sekalipun. Bahkan sesuatu yang salah sering dapat diambil pelajaran yang penting

  28. Akhirnya… dan Mulut pun berbicara 🙂

    Salam kenal!

  29. ooo000ooo gitu toh,
    huhuhuhu
    terimakasih mulut. 😀

  30. Low saya mah blogwalking msh srg liat d botd,tp mnrt saya postingn di top post sbgian bsr emang bgs2 kox…
    lam kenal ya cangkem!
    Saya newbie nh, mw tny gmn cih cra biar blog qt brkmbg psat n bnyk pmbcny?
    Thanxz

  31. wahai para penerus bangsa yang cerdas, mari kita bersatu untuk mencuci, mengisi, menjaga dan memajukan indonesia raya tercinta ini.
    mari bermusyawarah hati dan pikiran di tripleeyes.wordpress.com.
    kalimat seruan ini hanya untuk pemilik sejati lagu indonesia raya

  32. […] Mewaspadai penyesatan oleh WordPress Saudara-saudara para id bloggers di seluruh penjuru dunia, kali ini mulut mau mengingatkan diri sendiri dan anda semua […] […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s