Second life: trend baru setelah blogging?

Saat ini, blogging merupakan trend di internet yang paling laris manis. Jutaan orang ngeblog dengan sedikitnya ratusan ribu posting baru ditulis tiap harinya. Perhatian para netter yang bebrapa waktu lalu kesedot ke aktifitas chatting, saat ini berbelok ke mengelola blog. Namun, sebagaimana lazimnya trend, pasti ada masa puncak dan ada masa surutnya ….. nah kira-kira apa ya trend baru setelaah demam blogging ini mereda?.  Kali ini mulut mau sedikit ngobrolin tentang second life, sebuah genre game baru yang menjanjikan realisasi impian terliar anda. Akankah ia akan menjadi trend baru sesudah blogging? ………… simak dulu gambarannya ya …

_____________________________________________

Perkembangan teknologi komputer jaringan uedan tenan, ada game model baru yang terus saja jadi bahan pergunjingan para gamers di seluruh dunia yaitu secon life (SL) meski launchingnya sudah sejak 2002 lalu. Konsep intinya adalah anda bisa menjadi siapa saja yang anda impi-impikan di dunia maya ini, seakan-akan punya kehidupan kedua. Ciptakan dunia anda sendiri, ciptakan diri anda sendiri dll. Hebatnya, game ini berbasis online 3D, jadi kalau anda subscribe di game ini anda akan bisa menjadi orang lain (atau diri anda sendiri) di dunia maya 3D. Kalo pernah main sims atau sims 2 sedikit banyak anda pasti sudah punya gambaran akan game ini. Akan tetapi tantangannya jauh lebih banyak dan lebih menarik, karena terlalu banyak hal yang bisa diexplore dan didiciptakan di dunia ini.

Sekali subscribe anda secara otomatis akan punya avatar (personifikasi manusia/mahluk 3D) yang berperan sebagai anda. Penampilan avatar anda ini juga bisa dirubah-rubah sesuai keinginan anda.  Begitu login dan konek, anda bisa ketemu dengan berbagai avatar lain yang dijalankan oleh orang di seluruh dunia. Anda bisa chatting dengan mereka, berinteraksi ataupun bertransaksi (jual beli) dengan mereka baik pake suara ataupun sekedar pake text, sekali lagi semuanya dalam bentuk tiga dimensi.

Semua transaksi pake mata uang second life yaitu $linden. Kurs $linden ini naik turun seperti kurs mata uang lain tergantung dari besarnya permintaan. Untuk bisa memiliki uang dan bertransaksi anda harus beli uang tersebut dengan uang beneran (pake kartu kredit). Kalau kita mau menikmati lebih banyak fasilitas anda harus menjadi member premium. Dengan membership jenis ini kita bisa membeli pulau, membuka toko, salon, retauran dll. Uang $linden yang dibelikan oleh customer anda bisa jual menjadi uang beneran kembali sehingga berbisnis di dunia SL juga bisa menghasilkan juga.

Beberapa orang telah membuktikan berbisnis maya di game ini adalah bisnis yang menjanjikan, ada yang sudah meraup sampai ribuan dollar beneran hanya dengan jualan di dalam dunia maya tersebut. Karena prospek ini, beberapa brand ternama seperti coca-cola, KFC dll juga membuka gerai di dunia second life.

Menurut hasil eksperimen teman mulut saat jalan-jalan di dunia SL, dia pernah ketemu dengan avatar yang jualan baju-baju tradisional indonesia. Dia diajak ke pulaunya dan ditunjukin tokonya, semuanya 3D. Diciptakan dan dibuat sendiri oleh para usernya seperti kita adalah tuhan di dunia tersebut. Mulut sendiri pernah menjumpai perkumpulan gamelan bali saat jalan-jalan di dunia SL, hoalah ada-ada saja.

Sayangnya untuk memainkan game ini, kita perlu koneksi internet yang cukup kuat (maklum ada 3D streaming) dan 3D accelerator yang lumayan. Jadi anda-anda yang fakir benwit bakalan susah deh untuk menikmati game ini. Selain itu, game ini cukup membingungkan karena nggak banyak petunjuk bagaimana menjalankan avatar kita di dunia SL. Bahkan beberapa kantor berita ternama menjulukinya sebagai game terburuk. Namun sekarang sudah cukup banyak para explorer SL yang berbagi tips-tips dan cerita tentang cara-cara memainkan game ini. Jadi jangan heran kalo kita mungkin butuh waktu berjam-jam kebingungan sebelum menemukan kesenangan memainkan game ini.

Semakin dipelajari semakin impressed aja game ini. Di dunia SL juga ada penerbit koran maupun tabloid, gak tanggung-tanggung tabloid itu juga dikelola secara profesional kayaknya tabloid kelas dunia. Ada AvaStars, ada Secondlife Herald dll, edannya …. pemasang iklan di banner-banner di dunia SL, juga di tabloid maupun majalahnya adalah brand-brand besar, BMW, Toyota, Nissan, Microsoft, IBM, Calvin Klein, Playboy Magazine, MTV, BBC Radio, The Weather Channel and Reuters dll.

Kayaknya dunia maya bakal jadi saluran pemasaran baru yang menjanjikan di masa depan. Bayangkan, tabloid Avastars diakses lebih dari 100.000 orang setiap minggunya. Lebih heboh lagi, sekarang ini beberapa perusahaan beneran mulai menggunakan dunia SL untuk rekruitmen calon pegawainya, mereka mengadakan job exhibition, seleksi dan wawancara kerja melalui di dunia SL. avatar-avatar calon pelamar, akan diwawancara langsung di dunia SL, yang keterima diterima beneran di perusahaan nyata di dunia beneran.

Oya satu lagi teman-teman, di dunia SL ini kita juga bisa bikin klub, NGO atau organisasi nirlaba apapun, mulut pernah search kata “indonesia” di fasilitas search club/group di dunia SL, terus muncul perkumpulan gamelan bali itu.  Selain itu kita bisa bikin konser, rekruitment karyawan, bikin toko, pulau, bikin perusahaan, dll. Oya beberapa waktu lalu mulut baru mbaca kalau ada demo besar-besaran karyawan IBM di dunia second life ….. menuntut tuntutan real terhadap perusahaan. Efektif banget lho …. mengumpulkan karyawan IBM worldwide di satu tempat, costless dan timeles.

Soal gimana cara main dan bikin ini itu di dunia SL secara detail?, mulut juga masih nggak tahu ….. baru tahap coba-coba. padahal mulut mau bikin kelompok pengajian indonesia di situ ….. ha ha ha lucu juga mbayangin ada 50 avatar kumpul, pada pake sarungan dan peci duduk bersila terus pengajian bareng di dunia SL, mimpin pengajiannya pake voice lagi. Yang nggak ngerti pengajian bisa-bisa nyangka kelompok teroris arab, lagi rapat aksi terorisme ha ha ha.

Yang aku  nggak bisa bayangkan, gimana kalo avatar main SL di dunia SL ????  Kayaknya mulut pernah lihat film yang ceritanya kayak gitu deh (apakah itu yang judulnya Tron?).

Bagi yang penasaran simak saja paparan dan coba sendiri game ini di :
http://secondlife.com/

==================================================================

Nah balik lagi ke soal the next trend setelah demam blogging, apakah ia akan dapat menggeser perhatian para netter indonesia dari demam blogging?, Banyak sih faktor yang memperkuat dugaan itu: misalkan, di dunia SL kita bisa bikin tabloid, bisa bikin koran, konser ataupun perkumpulan, pulau bahkan negara …….  yang lebih efektif dari sekedar menyebarkan gagasan melalui blog dan berblogging ria.

Akan tetapi mengingat pengguna SL di Indonesia masih relatif sedikit, fakir benwit yang masih merupakan kemiskinan struktural infrastruktur internet tanah air dan operasionalnya yang relatif lebih sulit dari pada blogging, kayaknya SL masih harus menunggu beberapa tahun lagi untuk bisa menggeser trend blogging di Indonesia.

Iklan

29 Komentar

  1. hmmmm… gamenya kayakya menarik tuh.. tapi seperti kaw bilang pakir benwit menjadi faktor utama peralihan hehehehhe
    so kayaknya blogging untuk sementara jadi bintang deh
    *salam kenal yah*

  2. Lagi2 masalah benwit. dari dulu saya juga pengen main SL tuh, penasaran. Klo diwarnet waktunya kan ngga tentu. belum lagi klo rame. jadi dapetnya yg main game offline terus. btw, ide bikin pengajian di SL oke juga tuh. Lo jadi kiainya, kan ceramah pake mulut. Sekalian bikin kerajaan, bangunin gajah mada suruh main SL. Dijamin kaya deh! :mrgreen:

  3. 4 almascatie
    lam kenal juga ya ….. saat ini mungkin orang kita masih jadi penikmat segala kehebohan dunia SL melalui berita-beritanya

    4 benbego
    kalo kebetulan kau main di SL ….. avatar mulut berujud perempuan berambut ijo bernama Arida Ontosoroh ….. cari ya he he he ….. jangan keliru dengan avatar lain yang muacem-macem bentuknya itu

  4. game nya asik gak bos… duuh kenapa saya sampai saat ini belum keranjingan game yaa.. waah blog saja bikin waktu lumyan banyak gimana kalau hobyku sampe ke game SL…

  5. SL ….. hmmm bakal jadi tempat pelarian baru?

  6. gamenya bagus.

    nama gamenya yang gak bagus.

    saya cuma mau memakai satu produk jika namanya bagus.
    yang penting nama dulu.

  7. Mbahmu bau mulut …

    Jangankan main second life, balik ke jakarta artinya puasa youtube, puasa online battlefileld dan sebagian temen gw puasa main wow.

    bisa populer tapi kalau di indonesia kayaknya sulit masbro – satu mesti bayar, dua internet speednya masih terbatas, tiga indonesia men masa di indonesia tetep nongkrong di depan komputer doang …

    :mrgreen:

    Btw, sempet coba main, tapi mesti bayar jadi mikir mikir deh …

  8. mbahmu bau mulut …

    gimana mau main secondlife, yang namanya di jakarta tuh, mesti puasa youtube, puasa battlefiled2 puasa wow. kecuali punya speedy yang speednya lumayan. baru enak main ol kalo dah pake adsl2. ini telkomnet instan cuck…

    sulit populer di indo …
    1.kudu bayar
    2.internte boyo rek
    3.jakarta banyak hiburan … ngapain main sl kayak orang madesu …

    pernah coba main … pas tau mesti punya accaunt bin bayar … sorry deh …
    :mrgreen: naik trem aja ogah ceklok …

  9. hmm..salam kenal

  10. hmmm telat bgt buat g niy….
    well g dah jadi resident SL sejak october 2007…so far g fikir im addicted to SL its fun!!

    trus da gtu gak seperti games2 lainnya. g bisa jadi orang yg slama ini g pengen..(well thats the games perpose)…n gila jarang bgt g ketemu orang indonesia, paling2 malaysia tow sinagpoor dah gtu orang Indon gak punya komunitas tow group buat ngumpul2..ergggg gak kompak!!

  11. SL..? mmh asik banget gw yg gak gitu2 amat ama game, stlh bbrp kali coba SL akhirnya menemukan asiknya berpetualang ala SL, apalagi stlh pk FASTNET unlimited gak mikirin banwith lagi, di SL cari aku ” ijoel dreamscape” ya? tp masih belajar ‘n ngeraba-rapa jg siii…

  12. hahahah masih ngeraba2? LOL

    well when u got question, loe bisa tanya g. enakan nanya sama orang satu bahasa, kadang kalo lagi nanya ma orange bule suka ribet sendiri!…
    nama SL AV g ” fayola milena”…

  13. fayola milena, kita dah ketemuan kan di SL ?

  14. Baru nyobain SL, masih di pulau awal..

    Sejauh ini sih, gw bilang ini gak cocok buat dibilang game, soalnya lebih kompleks dari sekedar game.. Tapi addicted banget kayaknya, apalagi tau klo bisa menghasilkan kocek..
    AV g ” Diddod yootz “..

  15. Mesti punya kartu kredit ya kalo mau main ?

  16. Kata siapa mesti bayar? wong gratis kok. Gak mesti punya kartu kredit. Tinggal bikin account kaya bikin email aja, dengan screen name dan last name (yang udah mereka tentukan). Saya main game second life. Dan menurut saya mainan ini bagus. Hanya saja, sama kayak game2 online lainnya. Harus bijaksana ngatur waktu. Disini kita bisa melakukan hal2 yang gabisa dilakukan di real life, kadang kalo udah keasikan bisa lupa waktu. That’s why it’s called second life.

  17. anyway, AV aku Jewel Batistuta. siapapun yang main SL add aku ya, it’ll be fun talking with same languange as we do.

  18. WEI ADD gwe yeeee nama gwe Masaru Setzer di SL gw jadi naruto wakakakakaw

  19. Udah sekitar 3 bulanan maen.. senang juga bisa kumpul sama anak-anak indo lainnya.. wew ah… buruan daftar! hahaha

    ad gw … Dark Kolonimann

  20. SL bukan cuma game kaleee…
    itu juga tempat belajar, kerja juga..
    banyak kelas free dari universitas ternama disana.. kuliah juga distance aja via SL..
    asyik deh nyebur di SL..

    gabung yuk. terutama untuk educationnya..

  21. cari yang jual linden please send me e-mail yah daerah jakarta… transaksi samping sampingan ada barang ada uang makasih 🙂

  22. saya buat pengajian di sl jadi banyak deh bule dari arab ngajikuat jadi bisa main oh ya di sl juga ada tempat rp(role-play)juga namanya spitered rock seru abis terus abis pengajian itu pesantren nya diserbu polisi linden(dikira polisi)untung saya bisa bahasa inggris oh ya stiap 2 minggu skali saya jual linden dolars di sl dunianya hanya 12 ribu kok gak pake kredit cuma log-in sign up di http://www.second life.com saya adalah staff di daerah serenity gitu deh

  23. […] https://mulut.wordpress.com/2007/11/19/second-life-trend-baru-setelah-blogging/ Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. Kategori Uncategorized […]

  24. […] Tracker dan lain sebagainya membuatnya menjadi teknologi yang sangat digemari. Bahkan mulut yakin aktivitas ngeblog sudah mulai menggeser aktivitas chatting yang sempat menjadi “the black hole” yang menyedot habis waktu kita saat […]


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s